Total Tayangan Halaman

Sabtu, 03 Maret 2012

Sehat saat pancaroba

Musim pancaroba datang, segera waspada penyakit datang!!

Musim pancaroba adalah cuaca tak menentu antara musim peralihan dari musim hujan ke musin kemarau. Pada masa ini penyakit seperti batuk, pilek dan diare relatif meningkat. Apabila kondisi badan tidak fit, maka bisa menyerang kita. Namun kita bisa mencegah, agar tubuh tetap sehat saat pancaroba. Berikut beberapa tips sehat saat pancaroba :
1. Konsumsi makanan yang bergizi dan teratur.
    Makan jangan asal kenyang, namun kebutuhan gizi dan nutrisi harus dipenuhi. Perbanyak makanan 4 sehar 5 sempurna.
2. Tidur dan istirahat cukup
     Jangan menyepelekan kebutuhan tubuh kita, karena dengan tidur dan istirahat bisa memulihkan tenaga kita dari kelelahan. Bukan kuantitas atau durasi tidur yang tepat, tapi yang terpenting adalah kualitas tidur.
3. Olahraga
     Orang yang mudah sakit adalah orang yang kurang gerak, maka dari itu usahakan olahraga minimal 3X seminggu minimal 30 menit. Contoh cukup dengan jogging atau jalan-jalan pagi, asal dilakukan secara teratur.
4. Hindari stress.
    Stress berdampak pada kualitas tidur dan nafsu makan. Belajarlah mengelola stress dengan benar, misalnya bekali diri dengan posstive mindset, spiritual therapy dengan sholat malam, perbanyak dzikir, dsb.
5. Perbanyak minum air putih
     Minum 8 gelas perhari air putih, sekitar 80% tubuh kita berisi air dan apabila konsumsi air kita cukup maka tubuhpun akan bugar dan sehat.
6. Penuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh
    Vitamin adalah zat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. Dan sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kesehatan tubuh sehingga proses metabolisme dalam tubuh berjalan dengan lancar dan untuk menjaga kekebalan tubuh. Ada 5 vitamin bagi tubuh yang harus kita penuhi, vitamin A, B, C, D dan E.

Semoga bermanfaat tips-tips tetap sehat saat pancaroba, sehingga kita bisa melakukan setiap aktivitas harian dengan penuh semangat dan tetap bugar.
     

1 komentar:

  1. The 10 best games, best slot machines, and slot machine - JTA Hub
    The Best Online Slots · 1. 성남 출장샵 Buffalo Blitz™ · 통영 출장마사지 2. 의정부 출장안마 Super 8™ · 3. Buffalo Blitz™ · 4. Vegas 3™ · 5. 공주 출장샵 El 부천 출장안마 Royale™ · 6. Super Lotto™

    BalasHapus